Selamat Datang !
Terimakasih, saat ini Anda berada di Layanan Informasi Perusahaan Perjalanan RizQina Tour And Travel Kudus. Sebagai salah satu perusahaan perjalanan, RizQina Tour And Travel telah berhasil menempatkan diri sebagai salah satu perusahaan penyelenggara perjalanan wisata terbaik dengan moto "Kepuasan anda adalah prioritas kami".

Minggu, 05 Oktober 2014

Puri Agung Karangasem

Posted by rizqinatour On 20.04 No comments

Puri Agung Karangasem merupakan salah satu istana ( Puri ) yang ada di kota Amlapura, mempunyai keunikan terutama dalam bidang arsitektur dan juga pola menetapnya. Dilihat dari denah puri, Puri Agung Karangasem mempunyai dua tipe, yaitu pada bagian yang lebih tua memiliki denah tradisional, sedangkan pada bagian bangunan baru memiliki denah modern bahkan nama – nama bangunannya memakai nama modern seperti maskerdam dari kata amsterdam, london, betawi, yogya dan sebagainya. Dari segi arsitektur, baik bangunan maupun hiasannya banyak kena pengaruh Tiongkok, seperti pada hiasan pintu ada ornamen barong sai, ornamen pahatan pada daun pintu banyak bercorak Tiongkok.

Denah pada bagian yang kuno masih mengikuti pola tradisional puri, mulai dari pintu masuk bagian selatan melalui sebuah bagian yang di sebut bacingah atau ancak saji, kemudian masuk ke jaba tengah, petandakan, pamengkang dan terkahir disebut loji, yaitu tempat tinggal raja. Tipe atau bentuk bangunannya masi tradisional dengan tiang-tiang berukir. Pada bagian kuno ini di buat sekitar 1875,sedangkan bagian utara yaitu gedung maskerdam diperkirakan dibangun tahun 1900 oleh I Gusti Gde Jelantik yang pada waktu itu menjabat sebagai Stedehouder ( wakil pemerintah belanda )

0 komentar:

Posting Komentar